Gelar Operasi Sikat Semeru 2017, Polda Jatim kerahkan 2830 personil

Wartapedia, Surabaya. Guna menekan angka kejahatan yang kian marak terjadi, Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) menggelar operasi besar-besaran, dengan sandi Sikat Semeru 2017.

“Gelar operasi yang akan dilaksanakan oleh seluruh Polres Jajaran Polda Jatim akan berlangsung selama 12 hari. Yakni sejak tanggal 18 sampai dengan 29 September 2017,” ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol. Frans Barung Mangera, (18/09).

Frans Barung Mangera menuturkan, Operasi Sikat Semeru 2017 ini di gelar, untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif dan memberi rasa aman bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya, serta menanggulangi terjadinya aksi-aksi kejahatan dengan kekerasan yang sangat meresahkan masyarakat di wilayah Polda Jatim.

“Dalam pelaksanaan operasi ini, kami lebih mengedepankan kegiatan pada penegakan hukum yang didukung dengan kegiatan intelijen, dan kegiatan penindakan dalam rangka menanggulangi kejahatan, seperti 3C, yaitu Curat, Curas, dan Curanmor,” kata Barung.

Selain 3C, Barung juga mengungkapkan, dalam pelaksanaan Operasi Sikat Semeru 2017 juga menyasar pada pemerasan, perampasan dengan gendam, penyalahgunaan bahan peledak (Handak) dan penyalahgunaan senjata tajam (Sajam).

Tujuan utama pada operasi kali ini, lanjut Barung, adalah tertangkapnya pelaku kejahatan, terungkapnya jaringan sindikat kejahatan, memberantas, meniadakan kejahatan, serta terjaminnya stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat Jawa Timur.

Terkait sasaran operasi ini, menurut Barung adalah potensi gangguan yang meliputi jumlah penduduk yang minimnya lapangan pekerjaan, mahalnya kebutuhan hidup, tingginya angka pengangguran.

“Untuk lokasinya sendiri, kita arahkan pada ambang gangguan, yang meliputi pusat perbelanjaan, seperti di mall, pertokoan, ATM atau keuangan, Money Changer, jalan umum yang gelap dan semacamnya,” tuturnya.

Sedangkan terkait target dalam operasi ini, Barung juga menyampaikan, bahwa siapa pun yang terindikasi terkait dalam aksi kejahatan, maka pihaknya menyatakan tidak akan segan-segan memberikan tindakan tegas, tak terkecuali backing.

“Untuk kekuatan yang dilibatkan dalam Operasi Sikat Semeru 2017, yakni sebanyak 2830 personil dengan rincian Polda Jatim melibatkan 240 personil, dan satuan wilayah jajaran Polda Jatim sebanyak 2590 personil,” tandasnya.

oleh : Achmad Syaiful Bahri