Gelar operasi Bina Kusuma, Polrestabes Surabaya jaring 18 pasangan tak resmi

Wartapedia, Surabaya. Guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas), Satuan Sabhara Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Surabaya dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Surabaya menggelar razia Bina Kusuma, Sabtu malam, (14/10/2017).

Kasat Binmas Polrestabes Surabaya, AKBP Minarti mengatakan, dalam razia yang dipimpinnya secara langsung, menyasar penyakit masyarakat seperti pasangan bukan suami istri, minuman keras, dan kejahatan 3C (Curat, Curas dan Curanmor). Razia dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap sejumlah tamu di beberapa penginapan di Surabaya.

“Di lokasi pertama kami lakukan pemeriksaan dan penggeledahan di hotel Legian, Jalan Tempu Rejo, Surabaya. Di sana kami menemukan 14 pasangan bukan suami istri. Terhadap mereka kami lakukan pendataan dan selanjutnya kami bawa ke Polrestabes Surabaya,” kata Minarti, Sabtu (14/10).

Selanjutnya, petugas gabungan bergerak ke Jalan Kertajaya, Surabaya. Petugas gabungan melakukan penggeledahan terhadap dua toko dekat traffic light yang di duga menjual minuman keras tanpa izin. Di sana petugas menyita sejumlah minuman keras yang di jual secara ilegal.

Tidak berhenti sampai disitu, petugas gabungan terus bergerak menuju hotel Metro di Jalan Kedungsari, Surabaya. Di hotel ini, petugas menemukan 4 pasangan bukan suami istri. Keempat pasangan itu pun juga dilakukan pendataan dan diangkut ke Polrestabes Surabaya.

“Jadi kami dari fungsi preventif selalu dan selalu humanis, dalam memberikan himbauan dan pembinaan. Jadi dati 14 pasangan yang di hotel Legian 4 pasangan di hotel Metro kita bawa ke mako kita kumpulkan dalam satu ruangan kita berikan himbauan, kita berikan arahan, untuk masing-masing introspeksi, sadar bahwa malam ini telah melakukan hal-hal yang melanggar norma,” tutur Minarti.

Atas hasil razia yang dilakukan malam tadi, Minarti mengajak kepada seluruh masyarakat kota Surabaya untuk bersama-sama berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Diharapkan masyarakat juga mampu melakukan pencegahan sejak dini.

“Apalagi dalam rangka operasi Bina Kusuma ini kita melakukan razia di tempat-tempat rawan, untuk itu kami menghimbau mari kita bersama-sama melakukan pencegahan dini untuk mengamankan kota Surabaya kita ini yang aman dan kondusif dengan kita bersama-sama melawan segala gangguan Kamtibmas yang ada” tandasnya.(asb)