Gelar aksi donor darah dalam HUT TNI ke 72, Kodam V Brawijaya target 7 ribu kantong

Wartapedia, Surabaya. Dalam rangka HUT TNI ke 72 tahun 2017, TNI di seluruh Jawa Timur menargetkan bisa menyumbang sebanyak 7 ribu kantong darah, melalui aksi sosial donor darah. TNI yang dimaksud adalah baik dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, disela pantauannya pada acara aksi sosial donor darah di Tunjungan Plaza mengatakan, sebenarnya pihaknya tidak menargetkan bisa menyumbang sejumlah tersebut. Namun terbukti para prajurit bisa mengumpulkan sebanyak itu.

“Kami tidak menargetkan jumlah tertentu, tetapi untuk diketahui, sudah lebih dari tujuh ribu di seluruh wilayah Kodam, termasuk dari TNI, TNI ini Darat, Laut, Udara, ini dalam rangka HUT,” ujarnya, Jumat (15/9/2017).

Bahkan, Korem Bhaskara Jaya juga turut memberikan sumbangsih darah, dengan menggelar aksi sosial di pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza, Surabaya. Tidak hanya prajurit dan PNS, namun juga mengajak Polri dan pengunjung mall untuk berbagi kebaikan.

“Hari ini diharapkan setidaknya 650 (kantong darah, red). Jadi mudah mudahan ini bermanfaat bagi masyarakat, pada momentum HUT TNI kali ini,” jelasnya.

Sementara itu TNI senantiasa mengagendakan aksi sosial donor darah dalam setiap kesempatan. Tidak hanya momen momen hari besar seperti HUT TNI ini, namun secara rutin aksi ini dilaksanakan, mengingat pentingnya setetes darah bagi yang membutuhkan.

“Darah masih terus dibutuhkan, dan ketersediaan darah kadang kadang juga menipis dan sebagainya, ini yang kita lakukan. Dan ini bakti sosial yang secara rutin kita lakukan, termasuk banyak juga prajurit kami yang selama ini menjadi pendonor tetap,” tambahnya.

Namun ada yang berbeda pada aksi donor darah tahun 2017 ini. TNI sengaja menggelar di atrium mall di pusat Kota Surabaya. Sembari bercanda, Pangdam mengatakan hal ini dilakukan agar mendapatkan suasana berbeda, sekaligus membaur dengan masyarakat.

“Kenapa di mall? Karena memudahkan masyarakat untuk bergabung, sambil prajuritnya juga melakukan pemandangan yang lain. Kalau dikantor terus nanti pusing, kalau di mall kan segar nih, ketemu mbak mbak yang cantik cantik,” canda Pangdam.(nik/asb)