Kompensasi BBM : Mulai Tahun Ajaran 2013/2014, BSM Akan Dinaikkan

Kompensasi BBM : Mulai Tahun Ajaran 2013/2014, BSM Akan Dinaikkan

Bantuan siswa miskin (BSM) akan dinaikkan unit-cost dan jumlah penerimanya, terhitung mulai tahun pelajaran 2013/2014 mendatang

BREBES - Siswa dari keluarga miskin akan mendapatkan kompensasi atas rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

"Sebenarnya bukan harga BBM dinaikkan, tapi subsidinya dikurangi," kata Mendikbud Mohammad Nuh di Brebes, Kamis (6/6), seperti dilansir laman kemdikbud.

Bantuan siswa miskin (BSM) akan dinaikkan unit-cost dan jumlah penerimanya, terhitung mulai tahun pelajaran 2013/2014 mendatang.

Sebelum ada rencana kenaikan harga BBM bersubsidi, Kemdikbud sebenarnya telah merencanakan kenaikan anggaran bantuan dan beasiswa untuk siswa miskin.

Pada jenjang pendidikan tinggi, beasiswa Bidikmisi dan terbitnya Permendikbud yang mengatur biaya kuliah tunggal dan uang kuliah tunggal merupakan komitmen Kemdikbud dalam melindungi mahasiswa dari keluarga miskin.

"Permendikbud tersebut memastikan perguruan tinggi negeri tidak seenaknya mematok uang kuliah, jadi sudah kita tetapkan harga eceran tertingginya," ujar mantan Menkominfo tersebut.

Menteri Nuh mencontohkan kuliah di Fakultas Kedokteran, yang sebelumnya tidak pernah terjangkau bagi mahasiswa miskin, dengan aturan yang baru ini dimungkinkan.

"Di Fakultas Kedokteran akan ada 10% mahasiswa yang membayar 1 juta per semester, akan ada 10% lagi yang membayar 2 juta per semester," kata Mantan Rektor ITS tersebut.

"Jika ditambah 10% penerima Bidikmisi di Fakultas Kedokteran, berarti terbuka peluang 30% dokter berasal dari keluarga miskin", ujar Mendikbud. (c8/lik)

"Saya lebih menyukai rasionalisme daripada ateisme. Masalah mengenai Tuhan dan objek-objek kepercayaan lainnya tidak dapat dijelaskan dan tidak berperan dalam rasionalisme, oleh karena itu Anda tidak perlu membuang-buang waktu dengan menyerang (suatu pandangan) atau bertahan (dari serangan pihak lain)."
Isaac Asimov