Panduan Mengemudi : Hindari Cedera Pada Ibu Jari

Panduan Mengemudi : Hindari Cedera Pada Ibu Jari

TIPS - Memegang lingkar kemudi, tentu bukan hal yang aneh bagi yang terbiasa mengemudikan mobil. Hanya saja perlu ada kiat khusus supaya jemari tangan terbebas dari ancaman cedera.

Pasalnya hampir setiap mobil yang beredar sekarang telah dilengkapi power steering. Tujuannya adalah memudahkan pengemudi saat memutar lingkar setir, supaya terasa lebih ringan. Keistimewaan lainnya adalah lingkar kemudi yang diputar habis, akan kembali dengan cepat begitu setir dilepas.

Nah disaat berputar kembali dengan cepat itulah, kerap terjadi ibu jari tersangkut oleh palang lingkar kemudi. Bahkan beberapa kasus di luar negeri pernah menimbulkan cedera parah hingga ada yang patah.

Berikut ini kiat untuk meminimalisir keadaan diatas :

  1. Idealnya posisi ibu jari tetap berada di luar atau sejajar di atas lingkar kemudi dengan arah ke atas. Sementara keempat jari mencengkeram di lingkar kemudi.
  2. Hindari posisi ibu jari bertemu atau berhadapan dengan jari telunjuk.
  3. Selain itu posisi mengemudi yang ideal adalah menggenggam di arah jam 9 untuk tangan kiri, dan posisi jam 3 bagi tangan kanan.
  4. Maksudnya adalah memudahkan bagi pengemudi untuk melakukan manuver sesuai dengan yang diinginkan (berbelok, berputar atau menghindar).

Sejumlah pabrikan besar seperti Toyoya kini telah membekali seluruh lingkar kemudi dengan desain yang ergonomis untuk kenyamanan dan keamanan pengemudinya. Dengan memegang lingkar kemudi yang benar, cedera pada ibu jari bisa terhindarkan sejak dini. (c3/rid/tyt)

"Gairah kerja adalah pertanda daya hidup; dan selama orang tidak suka bekerja sebenarnya ia sedang berjabatan tangan dengan maut."
Pangemanann