Panduan Menghemat RAM Ponsel

Panduan Menghemat RAM Ponsel

wartapedia : Alokasi RAM yang berlebihan akan menyebabkan terjadinya hang!, hal ini disebabkan oleh berkurangnya kapasitas RAM karena ponsel terlalu banyak melakukan multitasking.

Ponsel makin rakus atau penggunanya yang makin rakus? Pertanyaan ini cukup menggelitik. Sebab ketika pertama kali muncul, ponsel hanya memiliki kemampuan memori yang terbatas. Kalimat rakus diatas mungkin cukup rasional sebab kian hari kebutuhan pengguna ponsel semakin kompleks.

Buat yang gemar musik, main game, browsing, Isi aplikasi tentu dibutuhkan kapasitas memori yang memadai. Hal ini tentu disesuaikan dengan ponsel yang dimiiliki.

Menghemat RAM, tentu, tentu tidak bisa lepas dari keberadaan sebuah chip kecil (memori) yang dibenamkan dalam sebuah ponsel anda. Layaknya sebuah PC, chip bernama RAM dan ROM ini bekerja keras mengelola data anda. Tak heran bila pengguna PC harus menambahkan RAM untuk meningkatkan kinerja PC mereka.

Asal tahu saja, kegunaan RAM (Random Acces Memory) adalah untuk media penyimpanan data sementara sewaktu digunakan oleh prosesor. Kerap disebut memori acak

Pada system operasi windows, kita mengenal RAM sebagai memori yang berguna untuk meningkatkan kinerja. Seiring perkembangan jaman, windows memberlakukan “kapling” yang besar untuk aplikasinya, misalnya word, Excel hingga windows media player. Sehingga dibutuhkan alokasi space yang besar, jadi jangan heran heran jika computer anda menjadi lambat saat menginstal berbagai program ke hardisk.

RAM adalah tipe penyimpanan yang isinya dapat diakses dalam urutan acak. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk, bahkan MMC. Disinilah bedanya! Saat sebuah system diperitahkan untuk mengambil (melihat, mengcopy, dan paste) data dari sebuah MMC, terjadi gerakan mekanikal dari media penyimpanan (storage card) yang memaksa proceesor untuk mengakses data secara berurutan. Sementara RAM melakukannya secara acak sehingga hanya butuh waktu seper sekian detik (tergantung besarnya file).

Sifat dari media penyimpanan RAM ini juga cukup unik sebab hanya dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (read-only-memory) memori baca saja. Itulah sebabnya beberapa vendor memberikan “penghargaan“ pada RAM untuk digunakan sebagai penyimpanan primer (memori utama) dalam computer/ Ponsel/ PDA phone.

Karena sifatnya sebagai memori utama, RAM digunakan untuk mengubah informasi secara aktif, kendati sejumlah alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.

TEMPORER
Kecepatan membaca data RAM lebih cepat jika ketimbang harddisk, karena RAM hanya dipakai untuk menyimpan sementara (temporer) file-file program yang terinstal dari C://system atau E:// system. Artinya RAM hanya bekerja jika system memerintahkan untuk membuka aplikasi pada penyimpanan tetap ( Flash memori atau MMC).

Nah…Jika file tersebut disimpan di RAM, prosesnya menjadi lebih cepat dibandingkan pada storage card atau C://system sekalipun. Namun jangan coba-coba deh, untuk menyimpan file pada RAM, sebab keberadaannya sangat tergantung pada pasokan listrik, sehingga jika tiba-tiba aliran listriknya putus karena baterai drop (mungkin) maka hilang semua “ingatanya”.

Pada ponsel symbian, RAM juga bakal berkurang ketika kita membuka aplikasi. Sekarang kita coba menghitung berapa besar RAM yang diperlukan saat kita menjalankan aplikasi.Kami menggunakan ponsel Nokia 3230 RAM: 1403 KB, ROM 28.672 KB, dan MMC : 512 MB. Saat menjalankan aplikasi Smartmovie, RAM berkurang 269,7 KB, Yahoo!Go berkurang lagi 49.3 KB.

Membuka pesan, RAM berkurang 21.1 KB Dan seterusnya. Bisa dibayangkan bila kami terus membuka aplikasi baru tanpa menutup program diatas tadi, maka ponsel yang kami gunakan bisa dipastikan akan hang!!

Untuk menghemat alokasi penggunaan RAM, hapus aplikasi yang tidak digunakan lagi, atau kita bisa menutup aplikasi yang sedang berjalan. Caranya, (pada ponsel symbian) tekan menu(tahan beberapa saat) kemudian tekan tombol exit.

Agar bisa melihat seberapa berat kinerja RAM anda, bisa dilakukan dengan membuka FExplorer, kita akan melihat tampilan beberapa direktori utama yang ada pada ponsel -drive C (flash), drive D (RAM), drive E (disk atau memori eksternal), dan drive Z(ROM). Apabila MMC tidak terpasang pada ponsel, maka drive E tidak akan ditampilkan pada daftar.

Untuk memilih dan melihat isi masing-masing direktori, kita bisa menggunakan tombol navigasi atas, bawah, kanan, dan kiri. Untuk membuka file atau aplikasi, kita bisa menekan tombol OK.

Tindakan menghemat ROM bisa dilakukan dengan memilih content yang bersifat visual seperto Theme sederhana, non aktifkan screen saver.

Sebab konten dengan pixel besar serta animasi 3D bakal menguras kinerja RAM. Logika sederhana saja, Symbian membutuhkan sekitar 300KB RAM sebelum menjalankan aplikasi anda. Jika alokasi sebesar itu sudah dikapling oleh software lain yang tidak terlalu berguna, maka kemungkinan hang bakal semakin besar.

ROM

Seperti yang dijelaskan diatas, RAM memiliki sifat temporer, selain itu ketergantungan terhadap suplay listrik juga tidak bisa dielakkan. Pada computer windows, penggunaan RAM bisa lebih besar sebab aplikasi (software) yang sudah diinstall, pasti mengkapling beberapa sector di RAM (meski aplikasi tersebut belum dijalankan).

Jika RAMnya kurang, maka sering muncul error message seperti Low Resources, virtual memori is too low. Bahkan Ponsel atau Komputer Anda bisa hang.

Pada pocket PC, ROM bekerja sama menyediakan data dan menjalankan aplikasi. Itulah sebabnya, pada pocket PC, jumlah ROM dan RAM umumnya sama. Semisal O2 Xda IIi yang dilengkapi dengan memori 128MB RAM dan 128MB.

ROM juga tidak bisa dirubah, karena sifatnya menyimpan data namun bisa dilakukan upgrade (baca news ponsel edisi 59 tentang upgrade ROM pocket PC)

ROM ini berisi semua aplikasi yang pada ponsel/pocket PC, jadi ketika anda melakukan hardreset, semua file yang ada pada flash memori (C://) akan dihapus dan diganti dengan isi pada ROM. Jangan heran bila anda melakukan soft/hardreset (*#7370#) ponsel anda bakal seperti baru.


DAFTAR PUSTAKA:

  • Howstuffwork
  • CellphoneTutorial

Bumi ini cukup untuk tujuh generasi, namun tidak akan pernah cukup untuk tujuh orang serakah
Mahatma Gandhi