BILATERAL : Presiden Portugal dan Ketua MPR Korut Akan Kunjungi RI

BILATERAL : Presiden Portugal dan Ketua MPR Korut Akan Kunjungi RI

JAKARTA - Diperkirakan dalam waktu dekat, Presiden Portugal Anibal Cavaco Silva dan Presiden Presidium Majelis Rakyat Tertinggi (semacam MPR) Korea Utara Kim Yong Nam akan berkunjung ke Jakarta.

Selain kedatangan 2 pemimpin negara sahabat, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga akan berkunjung ke Timor Lesta pada akhir bulan Mei ini.

Bebeberapa sumber menyebutkan, bahwa Ketua Majelis Rakyat Tertinggi Korea Utara Kim Yong Nam akan berkunjung ke Indonesia pada pertengahan bulan Mei ini (15 Mei), sementara Presiden Portugal dijadwalkan tiba di Jakarta pada tanggal 22 Mei.

Belum diperoleh informasi materi pembicaraan bilateral yang mungkin dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan kedua tamu negara itu.

Namun dari sisi neraca perdagangan, nilai perdagangan Indonesia – Korea Utara saat ini baru mencapai 38 juta dollar AS, sehingga terdapat peluang yang besar untuk ditingkatkan. Sementara neraca perdagangan Indonesia – Portugal saat ini tercatat 170 dollar AS, dengan Indonesia surplus 110 juta dollar AS.

Rencana kunjungan Presiden Portugal Anibal Cavaco Silva sebelumnya telah disampaikan oleh Duta Besar Portugal untuk Indonesia Carlos Forta saat berkunjung ke DPR akhir April lalu. Hal ini terkait dengan salah satu agenda Presiden Portugal untuk menemui pimpinan DPR-RI saat berkunjung ke Jakarta akhir bulan Mei ini.

Selain akan menerima kehadiran dua pemimpin negara sahabat, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada bulan Mei ini juga direncanakan akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Timor Leste.

Dalam kunjungan ke bekas salah satu provinsi Indonesia itu, Presiden SBY selain akan menghadiri perayaan kemerdekaan negara tersebut, juga dimaksudkan untuk menerima anugerah bintang tertinggi Timor Lesta Order of Timor Leste.

Nilai perdagangan Indonesia dan Timor Leste saat ini mencapai 271 juta dollar AS, dengan Indonesia surplus 220 juta dollar AS. Nilai perdagangan Indonesia-Timor Leste ke depan diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan peningkatan Product Domestic Brutto (PDB) Timor Leste dan meningkatnya pendapatan masyarakatnya. (lik/setkab)

"Kebanyakan kegagalan hidup berasal dari orang yang tidak menyadari betapa sudah dekatnya mereka pada kesuksesan saat mereka memutuskan untuk menyerah"
Thomas Alva Edison