Dinkominfo Kabupaten Tuban Kunjungi Kota Surabaya

Wartapedia, Surabaya. Inovasi teknologi pelayanan publik oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) terus mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Kali ini, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tuban mengunjungi Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Surabaya untuk mempelajari E-Government yang telah diterapkan di Kota Surabaya.

sebanyak 9 peserta dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tuban diterima oleh Herna Wibawati, Sekretaris BKD Kota Surabaya, di Ruang Rapat BKD.

Dalam sambutannya, Agus Heru P. Selaku kepala rombongan, mengatakan,  Kota Surabaya dinilai sangat baik dalam inovasi pelayanan publik dengan menggunakan elektronik government.

Hal itulah yang menjadi alasan untuk pihaknya melakukan kunjungan. Agus berharap dengan adanya kunjungan kerja tersebut, pihaknya dapat menggali lebih dalam mengenai pelayanan melalui elektronik government.

“Kami berharap, apa yang diterapkan di Kota Surabaya untuk dapat diterapkan juga di Kabupaten Tuban,” kata Agus, Senin (25/09).

Pada kesempatan yang sama, Herna dalam menjelaskan bagaimana karakteristik geografi dan demografi Kota Surabaya. Menurutnya, Surabaya merupakan pusat pembangunan di wilayah Indonesia Timur.

“Untuk Pelayanan Publik di Kota Surabaya saat ini semuanya menggunakan Eletronik Goverment. e-Government yang terdiri dari beberapa layanan publik seperti e-Surat, Surabaya Single Window, e-Health, e-Wadul, e-Musrenbang, e-Budgeting, e-Project, e-Procurement, e-Delivery dan e-Controlling,” terang Herna.

Selain itu, Herna juga mengungkapkan, bahwa secara umum proses administrasi dalam menggunakan e-Health. Dengan menggunakan aplikasi ini, pasien tidak perlu mengantre di RS atau Puskesmas untuk mengambil nomor antrian.

“Cukup dengan membuka aplikasi e-Health pasien bisa hadir ke RS/Puskesmas sesuai dengan nomor antreannya. Ia juga menambahkan tentang adanya pelayanan untuk menerima keluhan, masukan, dan informasi dari masyarakat yakni Media Center,” tandasnya.(mia/ynu)

Sumber : Pemkot Surabaya