Diduga Gunakan Nopol Palsu, Pria Asal Jakarta ini Ditangkap Polisi

Wartapedia, Surabaya. Unit Tipiter Satreskrim Polrestabes Surabaya kembali mengungkap kasus pemalsuan dokumen berharga. Pengungkapan ini dilakukan dengan ditangkapnya seorang pelaku bernama Suryadi (35) asal Jalan Batu Tumbuh, Keramat Jati, Jakarta, 7 Agustus 2017 sekitar pukul 06.30 WIB.

Ditangkapnya Suryadi berawal dari kecurigaan Aiptu Antasari, anggota Tim Khusus Murai Satlantas Polrestabes Surabaya yang melihat mobil sedan Toyota Vios melintas di Jalan Ahmad Yani dengan zig-zag. Karena di nilai ugal-ugalan, petugas pun berupaya menghentikannya. Namun sayang, mobil yang dikemudikan oleh Achmad Baidawi tersebut tidak menggubrisnya.

Antasari kemudian mengejar mobil tersebut, hingga berhasil dihentikan tepat didepan kantor salah satu stasiun televisi Surabaya, di jalan Darmo. Petugas semakin curiga saat melihat nomor polisi yang digunakan mobil itu. Antasari pun melakukan penggeledehan dan pemeriksaan terhadap kelengkapan kendaraan bermotor itu.

Kasubag Humas Polrestabes Surabaya, Kompol Lily Dja’far mengatakan, pada saat dilakukan pemeriksaan itulah, petugas kemudian menemukan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) yang tidak sesuai dengan standar material aslinya. Salah satunya ialah benang pengaman pada STNK tidak memiliki ciri-ciri seperti aslinya.

“Berdasarkan hasil penyidikan, benang pengaman yang melekat di sebelah sisi kiri STNK sewaktu dilihat memang tidak tampak terlihat mengkilap putus-putus, dan sewaktu di terawang tidak tampak garis lurus utuh. Sedangkan material STNK asli itu, benang pengaman sewaktu lihat tampak kelihatan mengkilap putus-putus dan apabila di terawang tampak garis lurus utuh,” kata Lily, Rabu (09/08).

Dari hasil ungkap kasus ini, petugas menyita barang bukti berupa 1 lembar STNK Mobil Toyota Vios dengan nopol B 1519 TKU (diduga kuat palsu), 1 unit mobil merek Toyota Vios warna hitam, berikut kunci kontaknya, 1 pasang plat nomor nopol B 1228 TOK, 1 pasang plat nomor nopol B 215 YJ, 1 lembar tanda terima STNK nopol B 1980 SAB, dan 1 lembar bukti serah terima kendaraan baru.(asb)