Datang ke Surabaya, Menteri PPPA Kagumi Perubahan eks Lokalisasi Dolly

Kombes Pol. Mohammad Iqbal saat mengayuh becak melepas purna tugas ke Tugu Pahlawan.

Wartapedia, Surabaya. Setelah sekian lama di tutup, eks lokalisasi Dolly kini benar-benar berubah drastis. Perubahan itu pun membuat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise terpesona dengan perubahan yang terjadi di lingkungan eks lokalisasi esek-esek itu.

Yohana mengatakan, perubahan yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya luar biasa. Dolly yang dahulu di kenal dengan berbagai hal tentang prostitusi dan gemerlap kesenangan duniawi, kini benar-benar di sulap oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

“Saya tidak sangka, Dolly yang dulu dibicarakan karena kasus mucikari. Setelah saya datang ke sini, dan mengunjungi beberapa tempat, saya pikir sangat luar biasa,” kata Yohana, Minggu (27/08/17).

Selain itu, Yohana juga memuji Walikota Surabaya Tri Rismaharini, yang telah membangun dan membuat perubahan atas lokalisasi, menjadi tempat yang ramah terhadap perempuan dan anak, serta menjadi lokasi yang produktif.

“Setelah kami lihat semua, sudah  memenuhi indikator-indikator khusus untuk kampung yang ramah terhadap perempuan dan anak,” pujinya.

Dalam kunjungannya di Surabaya ini, Menteri yang suka di sapa Mama Yo ini melihat para perempuan di wilayah eks lokalisasi Dolly, diberdayakan dengan bekerja di beberapa sentra produksi. Sehingga bisa menambah income keluarga.

“Dolly ini bisa menjadi acuan, bisa menjadi model, referensi kita yang biaa kita pakai, untuk daerah daerah lain,” tuturnya.

Kehadiran Menteri PPPA merupakan Rangkaian Acara Temu Nasional Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Tahun 2017. Salah satunya adalah Kampanye Three ENDS di Taman Bungkul, Surabaya.(nik/asb)