Cegah radikalisme merebak, FKPT gelar diskusi dengan mahasiswa LDK UNESA

Wartapedia, Surabaya. Dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta mencegah merebaknya paham radikal terorisme, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) melibatkan Lembaga Dakwah Kampus (LDK).

Ketua FKPT Jatim, Soubar Isman mengatakan, kali ini yang menggandeng LDK Universitas Negeri Surabaya (UNESA), bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), pihaknya menyasar berbagai elemen masyarakat, melalui kegiatan diskusi untuk mencegah paham radikalisme tersebut.

“Maksud dan tujuannya, semuanya untuk membendung atau mencegah berkembangnya terorisme. Kalau sekarang khususnya dilingkungan kampus,” katanya, Rabu (20/09).

Soubar menuturkan, melalui forum diskusi yang diadakan, mahasiswa yang merupakan anggota LDK dan menjadi peserta ini, bisa menjadi kepanjangan tangan untuk menyampaikan informasi dan mengajak mahasiswa yang lain untuk menghindari paham radikal.

“Inginnya apa? Jangan sampai kampus ini juga digunakan ajang untuk merekrut dari pada mahasiswa untuk berpaham radikal rerorisme,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Soubar berharap, dengan diadakannya forum diskusi semacam ini, mahasiswa mempunyai satu kesadaran, bahwa Negara ini Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan Pancasila.

“Jangan sampai mereka mereka calon generasi Bangsa ini, untuk ya katakanlah yang bertentangan dengan ideologi kita Pancasila,” harapnya.

Soubar yakin, jika mahasiswa sudah paham dengan ideologi Pancasila, generasi penerus Bangsa ini tidak akan ada upaya ingin merubah ideologi Negara yang berazaskan Pancasila.

Ratusan mahasiswa anggota LDK yang menjadi peserta terlihat serius mengikuti diskusi atas materi yang disampaikan narasumber. Tidak hanya menghadirkan Ketua FKPT Jatim, namun juga dari akademisi dan mantan orang yang pernah terjerat faham radikalisme.(nik/asb)