Bupati dan Wabup Tuban Gunakan Hak Pilihnya

Tuban – Kabupaten Tuban termasuk dalam daerah diprovinsi Jawa Timur yang mengikuti Pemilihan Gubernur Jawa Timur Tahun 2018, Rabu (27/06).

Pada Kesempatan ini Bupati Tuban dan Wakil Bupati Tuban bersama keluarga melaksanakan hak pilihnya di TPS 8 Jalan Latsari II No. 57 RT. 1 RW. 5 Kelurahan Latsari Tuban.

Wakil Bupati mendahului sampai di TPS Sekitar Pukul 09.10 WIB, disusul Bupati Tuban sekitar Pukul 09.30 Wib.

Seperti pemilih pada umumnya, Orang nomor satu dan dua di Tuban ini pun tidak dibeda-bedakan, mengikuti alur pencoblosan sesuai dengan ketentuan, dari tahapan pengecekan formulir C6, Penyerahan surat suara, pengecekan surat suara, pencoblosan di bilik suara, memasukkan surat suara di kotak suara dan mencelupkan jari ke tinta sebagai tanda telah memilih.

Selepas menggunakan Hak pilihnya, Bupati dan Wakil Bupati melaksanakan kunjungan ke beberapa TPS.

Bupati didampingi Kapolres Tuban dan Dandim 0811 Tuban melaksanakan kunjungan ke TPS 04 Desa Sugihwaras dan TPS 02 Desa Wadung di Kecamatan Jenu Serta TPS 01 Desa Tlogowaru dan TPS 02 Desa Bogorejo Kecamatan Merakurak.

Sedangkan Wakil Bupati Tuban melaksanakan kunjugan ke TPS 06 Desa Tegal Agung Kecamatan Semanding, TPS 04 Desa Gesikan Kecamatan Grabagan, TPS 09 Desa Rengel Kecamatan Rengel serta TPS 02 Desa Sokosari Kecamatan Soko, dan TPS 01 Desa Mojomalang Kecamatan Parengan.

Dari kunjungan ke beberapa TPS ini ditemukan beberapa TPS yang menggunakan Doorprise atau hadiah berupa Kambing dan hadiah hiburan lainnya untuk menarik minat warga untuk hadir di TPS dan menggunakan hak pilihnya, hal ini terbukti efektif seperti terlihat di TPS 02 Desa Wadung Kecamatan Jenu, TPS 01 Desa Tlogowaru dan TPS 02 Desa Bogorejo Kecamatan Merakurak.

“Hadiah ini adalah hasil iuran dari Anggota PPS, KPPS serta Pemdes dan Partisipasi Masyarakat” Ujar Sasmito, Kepala Desa Wadung Kecamatan Jenu.

Adanya doorprise ini diapresiasi oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda, menurutnya atas kreatifitas penyelenggara pemilihan tingkat desa bisa menaikkan angka partisipasi warga untuk ikut menyuarakan hak pilihnya.

Lebih jauh Bupati Tuban berharap semua masyarakat kabupaten Tuban dapat menggunakan hak pilih mereka, Bupati berpesan siapapun yang akan menang menjadi Gubernur Jawa Timur untuk 5 tahun mendatang harus didukung,

“Siapapun yang menang, kita titipkan aspirasi kita untuk Jatim lebih baik. Saya harap jangan karena beda pilihan jadi perpecahan.” ujar Bupati

Pada kesempatan ini Bupati juga mengapresiasi terhadap penyelenggara pilgub jatim, Polres Tuban dan kodim 0811 Tuban, yang atas kerja kerasnya Pilgub Jatim di Kabupaten Tuban berjalan dengan lancar aman dan kondusif.

“Harapannya sampai tahapan terakhir nanti bisa berjalan sesuai aturan, tertib dan aman.” Jelas Bupati dua periode ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si, usai melakukan sidak ke 6 TPS tersebut menuturkan pelaksanaan Pilgub berjalan dengan kondusif. Selain itu, kurang lebih 60 persen dari total DPT di tiap TPS yang dikunjungi sudah mencoblos.

“Saya harap jumlah partisipasi masyarakat dapat terus meningkat hingga sampai waktu penutupan,” tetang Wabup.

Wabup yang juga Ketua IPHI Tuban ini menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kondisi di lingkungan masing-masing pasca pencoblosan. Masyarakat dapat juga ikut memantau perkembangan hasil Pilkada.

“Semua proses sudah berjalan dengan jujur, adil dan transparan jadi bagaimanapun hasilnya harus kita terima. Siapapun yang nanti terpilih adalah Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, milik kita semua,” tegas Wabup.

Sebagai informasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Tuban sebanyak 925.104 pemilih dengan rincian laki-laki sejumlah 456.515 pemilih dan perempuan sebanyak 456.559 pemilih termasuk didalamnya adalah sebanyak 292 warga binaan di Lapas kelas II B Tuban.

Adapun pemilih terbanyak ada dikecamatan semanding dengan jumlah DPT mencapai 83.406 pemilih dengan 179 TPS, sedangkan yang terendah, Kecamatan Kenduruan dengan 22.463 Pemilih dengan jumlah 55 TPS. (Afi)