Bulog Jatim Nyatakan Stok Gula Masih Cukup Untuk Lima Bulan Kedepan

Wartapedia, Surabaya. Badan Urusan Logistik Divisi Regional Jawa Timur, Bulog Jatim menyatakan, stok gula bisa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jatim hingga 5 bulan ke depan. Hal tersebut disampaikan Kepala Bulog Divre Jatim, Usep Karyana.

Usep mengatakan, Jatim menjadi salah satu sentra penghasil gula nasional. Bahkan tercatat, para petani tebu di Jatim penyumbang 50 persen produksi nasional.

“Stok gula sangat banyak, produksi nasional itu sebanyak 2,4 juta. 50 persennya itu disuplai oleh Jawa Timur,” kata Usep, Sabtu (26/08).

Meski demikian, Usep mengungkapkan, Bulog juga akan segera melakukan pengadaan gula petani. Namun untuk mewujudkan itu, Bulog Jatim masih menunggu instruksi dari pemerintah, terkait waktu dan besaran jumlah gula yang akan diserap tersebut.

“Pengadaan gula masih tahap survei dari tim pusat, mengenai target yang diserap juga masih belum ditentukan dari Pemerintah,” ungkapnya.

Dia menuturkan, dengan rencana penyerapan gula yang akan dilakukan Bulog Jatim, menjadi angin segar bagi para petani tebu, yang beberapa hari ini resah akibat isu penerapan PPN 10 persen. Sehingga, ribuan ton gula yang masih belum terjual, kemungkinan besar akan diserap Bulog.

“Sebentar lagi kita akan mengadakan penyerapan, pengadaan dari gula petani, yang sebentar lagi kita lakukan. Jadi gula sangat sangat aman,” tuturnya.

Sementara itu, untuk Harga Pembelian Pemerintah atau HPP yang sudah ditetapkan untuk pembelian gula petani sebesar Rp 9.700 per kilogram, dengan Harga Eceran Tertinggi atau HET sampai ke konsumen sebesar Rp 12.500.(nik/asb)