BNPT Himbau Waspada Teroris di Malam Pergantian Tahun Baru

YOGYAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius memastikan peningkatan pengawasan di berbagai titik keramaian perayaan tahun baru 2018. Berubahnya pola serangan terorisme menjadi dasar peningkatan pengawasan ini.

“Secara global pola serangan terorisme berubah dengan menyasar masyarakat di tempat-tempat keramaian dan jam-jam sibuk. Ini sudah terjadi di Rusia dan Afganistan,” ucap Suhardi usai menghadiri akad nikah putri pertama Menteri Sekretaris Negara di JEC, DI Yogyakarta, Jumat (29/12).

Suhardi melanjutkan, peningkatan pengawasan secara maksimal akan diterapkan di beberapa titik merah yang merupakan lokasi rawan serangan terorisme.

Pengawasan diterapkan dengan menambah jumlah personel, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Langkah BNPT ini bekerjasama dengan Kepolisian untuk menjamin keselamatan masyarakat yang merayakan pergantian tahun baru.

“Kami juga tidak menganggap enteng jaringan lama yang sudah terbongkar. Bahkan infiltrasi sekecil apapun tetap harus diwaspadai,” ujar Suhardi.

Meskipun pengawasan maksimal terkait aksi terorisme sudah ditingkatkan aparat, Suhardi meminta masyarakat tidak lengah. Jika menemui suatu hal yang tidak lazim, warga diminta segera melapor ke aparat keamanan.