PT KAI : Tambah 3 KA Ekonomi Berpendingin Untuk Lebaran

PT KAI : Tambah 3 KA Ekonomi Berpendingin Untuk Lebaran

Ketiga kereta tersebut masing-masing terdiri dari 10 kereta penumpang, satu kereta makan (restorasi), dan satu kereta pembangkit dengan besaran anggaran Rp 39,25 miliar/rangkaian kereta api

JAKARTA - Pemerintah dalam waktu dekat akan menambah tiga rangkaian kereta api baru kelas ekonomi berpendingin yang akan digunakan operasional perdananya untuk mudik lebaran.

Tiga kereta api ekonomi berpendingin tersebut menurut Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan belum dipastikan akan digunakan untuk rute mana saja, karena akan dikomunikasikan kepada operator yakni PT Kereta Api dalam memenuhi kebutuhan layanan angkutnya.

“Kita belum tentukan untuk rute mana, nanti ketika diserahkan kepada operator akan diketahui rutenya,” ujar Tundjung usai mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu 2012/1433H di Jakarta, Selasa (5/6), Seperti dilansir laman dephub.

Ketiga kereta tersebut masing-masing terdiri dari 10 kereta penumpang, satu kereta makan (restorasi), dan satu kereta pembangkit dengan besaran anggaran Rp 39,25 miliar/rangkaian kereta api.

"Diharapkan dengan adanya penambahan kereta api baru ini, maka akan meningkatkan kapasitas angkutan kereta api yang sejak dari tahun 2011 lalu mengalami penurunan lantaran diterapkannya pembatasan kapasitas duduk dan penumpang" harapnya

Seperti diketahui, pada masa angkutan lebaran mendatang yakni 12 Agustus-27 Agustus 2012, PT KA menyiapkan 198 kereta api (KA) regular sebanyak 178  atau turun dari tahun sebelumnya sebanyak 198 KA.

PT KA juga menyiapkan delapan KA tambahan komersil dan 16 KA tambahan ekonomi dengan 212 lokomotif sehingga total kereta penumpang sebanyak 1.320.

Jumlah tersebut turun 3,37% dibandingkan tahun lalu, sehingga diperkirakan akan mengangkut  penumpang hanya 1.840.367 dari tahun sebelumnya sebanyak 1.904.517 penumpang di sembilan Daerah Operasi (DAOP) dan tiga Divre.

Untuk pembelian tiket yang sudah dimulai H-90 atau tiga bulan sebelum keberangkatan untuk kelas bisnis dan eksekutif dan H-30 untuk kereta api ekonomi menurut Tundjung tidak perlu dikhawatirkan, karena akan tetap ada penjualan tiket setiap hari pemberangkatan untuk pembelian tiket go show bagi penumpang kereta api ekonomi. (c8/lik)

"Saya pribadi, Presiden Akayev, tidak pernah dan tidak mempunyai keinginan apapun untuk mengganti konstitusi dengan tujuan memperpanjang masa jabatan saya"
Presiden Askar Akayev