PT KAI Sumut : Berlakukan Online Ticketing

PT KAI Sumut : Berlakukan Online Ticketing

Online ticketing merupakan program nasional untuk peremajaan sistem tiket. Selama ini, sistem tiket sudah berlaku 10 tahun

MEDAN - Mulai 8 Februari nanti, PT KAI Divre Sumatera Utara (Sumut) memberikan kemudahan membeli tiket lewat online ticketing.

"Dengan online ticketing, tiket tidak hanya bisa dibeli di stasiun tapi juga di banyak channel seperti di agen-agen dan beberapa supermarket. Selain dalam rangka meningkatkan pelayanan dan keamanan kepada penumpang, online ticketing bertujuan mengurangi praktek percaloan tiket" Ujar Advisor Director Komersial PT Kereta Api Indonesia (KAI) Pusat Benny S Rustam

“Saat ini,supermarket yang sudah bisa melakukan online ticketing baru Indomaret dan ke depan ada Alfamart,” jelas Benny didampingi Humas PT KAI Divre Sumut dan NAD Hasrie kepada wartawan di Kantor PT KAI Divre Sumut dan NAD, kemarin.

PT KAI ingin memperbaharui fitur-fitur agar dapat melayani penumpang lebih baik dengan cara memberikan pilihan pemesanan tiket di mana saja.

“Online ticketing masih diberlakukan untuk kereta api komersial (kelas bisnis dan ekskutif). Rencananya,Maret mendatang juga akan di-berlakukan di kelas ekonomi,”tuturnya, Seperti dilansir laman Pemkomedan.

Selain itu, PT KAI bakal memberlakukan Rail Ticket System (RTS) yang bisa dipesan melalui banyak fitur seperti short message service(SMS) dan internet.

Tiket juga bisa dipesan melalui call centre121 selama 24 jam.“Melalui SMS dan internet, tiket bisa dipesan H- 40. Misalnya, kita beli tiket di Medan dan sampai di Cengkareng bisa langsung naik kereta api. Di Jawa, semua justru sudah memakai RTS,”katanya.

Tak hanya itu, ke depan PT KAI akan memberlakukan metode pembayaran melalu Rail Box dan Rail Card.“Orang bisa bayar pakai debit,kredit,tunai,juga emoney.

Tapi ini masih akan dilaunching di Jawa pada Februari juga.Ke depan juga akan diberlakukan di Sumut,”ucapnya. Dengan adanya online ticketing,kata Benny,semua penumpang di atas kereta api akan diperiksa sesuai identitas di kartu tanda penduduk (KTP). Bila tidak sesuai, petugas akan memberikan sanksi teguran.“Untuk tahap awal kami hanya memberikan sanksi teguran saja karena masih sosialisasi. (c8/lik)

Untuk meraih kesuksesan, tidaklah cukup dengan melakukan yang terbaik. Terkadang kita harus melakukan apa yang diperlukan.
Winston Churchill