Meteran Listik: PLN Ganti 3 Juta Meteran Baru

Meteran Listik: PLN Ganti 3 Juta Meteran Baru

SURABAYA - PT PLN (Persero) Distribusi Jatim, akan mengganti sekitar 3 juta Kilowatt-Hour ( KWH) meter pelanggan listrik lama dengan yang baru menyusul pernyataan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur, terkait jutaan meteran listrik habis masa teranya.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jatim, Arkad Matulu di Surabaya, Jumat (25/2) mengatakan, PLN akan mengganti seluruh meteran yang lama atau konfensional dengan KWH meter yang baru.

“Kita tidak akan menera ulang 3 juta KWH meter yang habis masa tera-nya. Namun, Kita akan ganti dengan yang baru,” katanya seperti dilansir laman Jatimprov.

Penggantian KWH meter ini sebenarnya sudah dilakukan sejak 2009, dan telah menyelesaikan penggantian ribuan KWH meter lama. Tetapi karena jumlahnya banyak dan realisasinya juga tergantung dengan kesiapan pabrikan yang menyuplay meteran tersebut, maka sampai hari ini penggantian tersebut belum selesai.

Saat ini sebanyak 122.339 unit KWH meter baru siap didistribusikan untuk penggantian. “Pergantian akan dilakukan bertahap karena keterbatasan tenaga yang mengerjakannya,” tuturnya.

Alokasi terbesar akan diberikan ke Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Pamekasan yang mencapai 18.739 unit. Terbesar kedua akan dialokasikan ke APJ Surabaya sebanyak 17.605 unit dan APJ Madiun sebanyak 13.397 unit.(c7/pr)

"Kholifah tidak memiliki kekuasaan atau kedudukan apapun, kecuali sebagai figur seremonial saja."
Mustafa Kemal Atatürk