PT Taspen : Minta Pensiunan Laporkan SPT Pajak

PT Taspen : Minta Pensiunan Laporkan SPT Pajak

JAKARTA - Kewajiban membayar pajak berlaku bagi semua Warga Negara Indonesia, tidak terkecuali para pensiunan.

Untuk itulah PT Taspen mengingatkan para pensiunan dengan penghasilan di atas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilannya.

"Untuk mempermudah para penerima pensiun, bukti potong Pajak Penghasilan (PPh) pasal 21 dapat diperoleh dengan mengakses website PT Taspen, sehingga para pensiunan tidak perlu datang langsung ke kantor cabang Taspen" Kata Sekretaris Perusahaan PT Taspen Sudiyatmoko Sentot Sudiro di Jakarta, Senin (25/3) lalu.

"Pensiunan hanya tinggal membuka web Taspen, klik SPT pajak sebelah kiri di dalam portal Taspen. Klik kembali e-SPT di sebelah kanan dan diarahkan ke halaman baru dan masukkan nomor pensiun atau NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan cetak SPT," jelasnya, seperti dilansir laman depkeu.

Ia menambahkan, jumlah penerima pensiun yang dibayarkan PT Taspen saat ini sekitar 2,35 juta pensiunan dengan jumlah pembayaran pada tahun 2012 lalu sekitar Rp59 triliun. Pada tahun ini, jumlah penerima pensiun diproyeksikan mencapai 2,4 juta, dengan pembayaran sekitar Rp65 triliun. (c8/lik)

"Saya lebih menyukai rasionalisme daripada ateisme. Masalah mengenai Tuhan dan objek-objek kepercayaan lainnya tidak dapat dijelaskan dan tidak berperan dalam rasionalisme, oleh karena itu Anda tidak perlu membuang-buang waktu dengan menyerang (suatu pandangan) atau bertahan (dari serangan pihak lain)."
Isaac Asimov