PSLI : Resmi Dibuka Di Komplek Balai Pemuda

PSLI : Resmi Dibuka Di Komplek Balai Pemuda

SURABAYA - Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) 2012 resmi dibuka pada hari jumat (4/5) dan ditutup pada tanggal 14 mei mendatang. Mengenai tempatnya masih tetap digelar di halaman parkir atau seluruh kompleks Balai Pemuda.

PSLI menargetkan transaksi senilai Rp 2,5 miliar. Target tersebut optimis tercapai, mengingat kegiatan tahunan yang sudah berlangsung kelima kali ini selalu menunjukkan peningkatan transaksi.

"Meski Gedung Utama Balai Pemuda terbakar tahun lalu, namun tak menyurutkan niat kami untuk tetap menggelar PSLI," kata Ketua SPLI sekaligus Direktur Sanggar Merah Putih, M Anis , Jumat (4/5), Seperti dilansir laman kominfo jatim.

"Kendati kompleks Balai Pemuda itu sudah minus Gedung Utama, tapi jumlah stan dalam PSLI kali ini relatif sama. Jika PSLI 2011 masih menggunakan bangunan yang termasuk cagar budaya di Kota Surabaya itu menampung 164 stan, maka tahun ini hanya kehilangan tujuh stan menjadi 157 stan," paparnya.

Namun, minat dan animo peserta serta masyarakat terhadap PSLI selalu besar dan meningkat tiap tahunnya. "Itu sudah terasa sejak pendaftaran PSLI 2012 yang dibuka pada 10 Februari 2012, ternyata hanya dalam waktu 24 jam, sebanyak 157 stan yang kami sediakan langsung habis," ucapnya.

Tahun ini, para pelukis dari berbagai kota yang ikut serta datang dari Jawa Timur, antara lain Surabaya, Banyuwangi, Lamongan, Trenggalek, Kediri, Mojokerto, Blitar, dan Tuban.

Dari Jawa Tengah, ada Semarang yang selalu hadir sejak PSLI digelar pada 2008, lalu Klaten, Salatiga, Solo, dan Yogyakarta. Ada pula dari Jakarta, Tangerang, Bandung, Cirebon, serta pelukis Bali.

"Kami berharap PSLI akan menjadi even reguler setiap tahun, dan terus dikembangkan dengan mengundang pelukis-pelukis dari ASEAN dan negara-negara lainnya," pungkasnya. (c8/lik)

"Yang terpenting dari kehidupan bukanlah kemenangan namun bagaimana bertanding dengan baik."
Pierre de Coubertin