Bawa Sabu-sabu 7 Kg dari Malaysia, BNNP Jatim tangkap Bandar dan anak buah

BNNP Jatim saat melumpuhkan sindikat Sabu-sabu Malaysia.

Surabaya – Badan Narkotika Nasional Jawa Timur (BNNP Jatim) kembali menangkap satu orang bandar Narkotika Golongan I jenis Sabu-sabu berinisial HMD bersama dengan tiga orang anak buahnya.

Dalam penangkapan ini sempat diwarnai aksi yang cukup menegangkan. Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan BNNP Jatim AKBP Wisnu Chandra mengatakan, kristal haram tersebut berasal dari Malaysia ke Banjarmasin.

Barang tersebut rencananya akan diedarkan di wilayah Jawa Timur kemudian di kirim melalui laut menggunakan kapal ferry menuju ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Dari Malaysia menuju Jawa Timur melalui Banjarmasin menggunakan kapal feri menuju Surabaya,” kata Wisnu, Jumat, (05/01).

Pada saat proses penangkapan di enter gade Pelabuhan Tanjung Perak, Wisnu menuturkan, sempat terjadi insiden pelaku menabrak salah seorang anggota BNNP Jatim. Namun petugas tetap melakukan pengejaran dan melakukan upaya paksa sehingga berhasil menangkap dua pelaku.

“Kita melakukan upaya paksa secara tegas terhadap pelaku yang merupakan intelektual bandar,” tuturnya.

HMD sendiri saat dalam proses penangkapan, diketahui mengendarai sebuah mobil Honda CRV dengan nomor polisi M806 HA. HMD berusaha melarikan diri dengan mobil tersebut, dan dapat dilakukan penangkapan di Pacar Kembang 5 Surabaya.

“Jadi otak dari pelaku ini adalah yang ada di dalam mobil CRV ini. Barang bukti yang berhasil kita amankan untuk sementara saat ini adalah 7 kilo gram dengan dua tersangka yang langsung membawa barang itu,” lanjut Wisnu.

Wisnu mengungkapkan, seluruh pelaku yang ada di dalam mobil CRV inilah yang melakukan pengendalian dengan cara bergerak dari mulai Banjarmasin sampai wilayah Jawa Timur.

“Secara keseluruhan ada empat orang yang kita amankan, dan untuk yang lain masih belum diketahui identitasnya,” pungkasnya.(asb)