Bagaimana Kalau Telat Bayar Pajak? Ya Wajib Laporan Lah!

Tuban – Melaporkan SPT Tahunan menjadi kewajiban bagi setiap Wajib Pajak (WP). Meskipun masa pelaporan tersebut sudah di ambang batas, pelaporannya tetap dilayani dan harus dilakukan.

Hal ini mengingat akan pentingnya tertib administrasi. Dewasa ini banyaknya permohonan perpajakan yang harus menyertakan tanda bukti lapor SPT sebagai syaratnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa pelaporan SPT menjadi bagian dari nafas administrasi.

Kini, masih adanya sebagian WP yang belum menyelesaikan proses pelaporan menjadi pekerjaan rumah bagi KPP Pratama Tuban. Pelayanan prima masih menjadi pelor yang harus dilontarkan. Tujuannya agar semua WP bisa melakukan kewajibannya.

Meski antrian panjang di kantor yang terletak di Jl. Pahlawan No. 8 Tuban itu masih terlihat ada, petugas pajak setia melayani. Bagaimana apabila telat dalam pelaporan SPT, jelas konsekuensinya ada denda.

Apabila enggan dikenai denda maka laporkanlah pajak tahunan tepat waktu. Yakni sejak per tanggal 2 Januari di setiap tahunnya sudah mulai dibuka. Hingga setiap akhir bulan Maret.

Bagaimana jika hari ini tidak sempat laporan? maka wajib melaporkan dihari lain.

“Kena denda?” pasti. Tidak lapor atau terlambat lapor akan dikenai denda 100.000 untuk NPWP Orang Pribadi,” kata Kepala KPP Pratama Tuban, Eko Radnadi Susetio, pada Sabtu (31/3).

Lanjut Radnadi, untuk membantu mengingatkan pada WP, pihaknya juga melakukan pemberitahuan rutin melalui SMS Blast. Jadi, SMS blast adalah pertolongan terakhir untuk mengingatkan semua wajib pajak yang belum lapor.

Sosialisasi sudah disampaikan melalui pekan panutan Forkopimda, kampanye simpatik, brosur, tempelan pengumuman, waktu konsultasi, siaran radio, pemberitaan di media cetak, Online, WA, Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube.

Hal ini agar bisa terwujud 100% pelaporan tuntas, serta untuk mengurangi kepadatan laporan.

“Bisa jadi trennya memang banyak yang lebih suka laporan di akhir waktu. Tetapi bagaimanapun juga, kami tetap berusaha semaksimal mungkin dalam melayani. Terima kasih kepada wajib pajak yang sudah laporan. Mari bertekad bahwasanya tahun depan kita bisa lapor di awal waktu. Demi kenyamanan bersama,” himbaunya. (Hms)