Asyiknya Gowes di Wana Wisata Prataan Tuban

Tuban – Penghobi sepeda angin atau sepeda gunung akan dimanjakan dengan jalur dan pemandangan yang elok ketika berada di Wana Wisata Prataan.

Biasa disebut juga Goweser dari sekumpulan remaja Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban pada Minggu (18/3) pagi bertandang ke wana wisata Prataan di Desa Wukirharjo, Kecamatan Parengan itu.

Iya, penyuka sepeda gunung dengan track terjal menantang itu bernama Plumpang Cycling Club (PCC).

Pagi buta sudah mulai mengayuh sepeda dari titik start di kawasan tebing Kecamatan Singgahan atau sekitar BKPH Singgahan. Dengan jalur berbatu dan tanah liat para goweser mengayunkan pedal. Setiap belokan dan tanjakan dikelilingi dengan alam dengan suasana pedesaan yang asri. Balutan oksigen terhirup segar dan rerumputan hijau kian menyejukkan mata memandang.

Ditengah tebing turunan curam menjadi bagian dari rute pagi itu. Pemandangan alam yang sangat indah menjadi angin langit yang sulit dipetik. Spot foto hingga jalur yang cukup bagus menjadi latihan adrenalin tersendiri

Tanjakan batu kerikil mulai menuai keluh. Genjotan gowes di ujung sebelah barat Wana Wisata Prataan ini mulai menunjukkan titik didih para anggota Club. Semangat dan keinginan untuk menuju garis finis di titik 0 KM atau tepatnya di Wana wisata Prataan menjadi bidadari surga sendiri.

Sesampainya di garis finish, rasa lelah terobati dengan suguhan alam yang menakjubkan. Sebagian sudut kota berjuluk Ronggolawe itu nampak hijau subur makmur. Di sisi Utara juga nampak serangkaian pohon jati yang rindang seumur setengah abad. Didalamnya juga tersedia pemandian air hangat, khas dari air belerang. Bahkan pengobatan terapi ikan juga baru tersedia di dalam wahananya.

“Cukup lengkap, jalur Trak lumayan keren bagus alamnya dan panoramanya bagus sekali. Di garis finish ada pemandian air hangat, terapi ikan dan lokasi Selfie di puncak, ” tutur Miftahul Rahman, Koordinator PCC.

Sementara itu Koordinator Objek Wisata Prataan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tuban, Dharmuka, saat usai berfoto bersama tim PCC mengungkapkan bahwa pihaknya sangat senang bisa memberikan pelayanan kepada pengunjung yang datang ke lokasi wisata tersebut. Sebab. Kepuasan pengunjung adalah visi misi yang wajib. Selain, berbagai wahana , pihaknya juga menyediakan hiburan musik.

“Yang terbaru ada terapi ikan jenis Nilem Mangut yang didatangkan dari Ciamis dengan jumlah sekitar 5.000 ekor di sebelah kolam pemandian. Kalau yang spot Selvi dipuncak juga bagus karena terus kita benahi agar semakin bagus,” ujarnya. (Afi)