Arak Tuban Masih Marak, Produsen Kian Nekad

penggrebekan produsen arak tuban

Tuban – Meski terus diperangi dan dirazia, ternyata home industri arak di Kabupaten Tuban masih saja menggeliat. Terbukti dengan digerebeknya pabrik arak milik Kiswandi,(27) warga Dusun Sawahan Desa Tegalang , Kecamatan Semanding, Tuban pada Rabu (27/3).

Penggerebekan oleh petugas bukan tanpa sebab. Informasi yang didapat oleh petugas Sabet Miras masih adanya arak yang beredar di kalangan pecandu. Selanjutnya petugas langsung melakukan cek lokasi dibuatnya minuman beralkohol tersebut.

Tepatnya di rumah Kiswandi yang ditempati oleh Yanto warga Dusun Dlupang, desa setempat sebuah produsen arak diracik untuk menghasilkan arak istimewa. Berbagai barang bukti ditemukan di lokasi penyalahgunakan peredaran minuman beralkohol tersebut.

Seperti 500 liter arak siap edar, 1 buah dandang, 12 Tandon baceman@ 500 liter total 7.060 liter. 6 biji kompor, 6 biji dandang, 200 botol kosong , 45 buah tabung LPG dan 1 unit mobil Daihatai xenia.

“Guna kepentingan penyelidikan, Pemilik kami amankan di Polsek Semanding bersama barang buktinya,” jelas Kapolsek Semanding, AKP Desis Susilo, saat dikonfirmasi Kamis (29/3).

Selanjutnya untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Kiswandi terancam Pasal 135 jo Pasal 71(2) dan pasal 140 jo pasal 86(2) UU no 18 tahun 2012 tentang pangan Yo Pasal 204 KUHP.

“Modusnya terlapor dengan sengaja memproduksi minuman arak dengan berbagai cara agar tidak terendus petugas. Tetap kita periksa saksi dan penyidikan lebih lanjut,” imbuhnya.  (Afi)