Anggarkan Rp. 58 Milyar, Pembangunan Stadion Tuban Dijadwalkan Selesai Tahun Ini

Tuban – Pembangunan paku bumi pada stadion Bumi Wali Tuban mulai ditancapkan. Titik awal pembangunan pada Tribun lapangan menggunakan paku bumi dengan kedalaman sekitar 4-6 meter.

Lapangan sepak bola dengan ukuran 105 M x 68 M itu dikerjakan kontraktor PT. Widya Satria. Pada tahap ini, Pemkab Tuban menggelontorkan dana sebesar Rp. 58 milyar. Hingga saat ini sudah berjalan progres pembangunan sebesar 3,7 persen dari rencana 0,8 persen.

Pengerjaan oleh proyek ini dijadwalkan akan rampung pada 5 Desember 2018. Dengan progres utama proyek pembangunan tribun keliling, Lapangan sepakbola, Tracking area, dan kawasan sirkulasi.

“Sesuai kerjasama dengan Pemkab Tuban, kami hanya melaksanakan pembangunan di 4 tahapan itu. Direncanakan akan selesai sampai akhir tahun ini,” jelas Project Manager PT Widya Satria, Agus Budihartanto, Selasa (5/6).

Lanjut Agus, pihaknya kini sedang konsentrasi dalam pembangunan tahap pemadatan lahan stadion dengan tanah urug kapur.

“Pemadatan dengan urug agar lokasi lapangan bisa bagus. Tiyang pancang hari ini kita tancapkan dan diresmikan oleh Bupati Tuban, ” katanya.

Disoal perekrutan tenaga kerja, Agus memastikan akan menggunakan warga lokal. Diperkirakan membutuhkan 4000 hingga 5000 pekerja.

Jumlah tersebut diakumulasikan mulai pengerjaan hingga usai. Bahkan pihaknya juga sudah melakukan kegiatan sosialisasi tentang dampak proyek.

“Tenaga kerja kita kordinasi dengan Kepala Desa dan Kecamatan. Bahkan kami juga sudah sosialiasi terkait dampak pembanguna,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda menjelaskan bahwa pembangunan stadion sebagai bentuk pengembangan apresiasi dan dukungan pada pemuda akan olahraga. Sehingga prestasi pemuda Tuban bisa terakomodir dengan baik.

Bupati juga mengatakan bahwa pengerjaan stadion merupakan pengembangan wilayah di bagian timur. Perluasan wilayah menjadi alasan dan pemerataan tata kota yang baik.

“Bentuk apresiasi ini untuk pemuda berprestasi. Serta sebagai pengembangan wilayah. Harapan kami, agar pembinaan olahraga semakin baik sana berkembang, ” ungkapnya. (Afi)